SINERGITAS KELITBANGAN

Pada hari Jum’at, 7 Februari 2020, telah di laksanakan Rapat Koordinasi Kelitbangan dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Indramayu, Bapak WAWANG IRAWAN.

Rapat Koordinasi membahas tiga hal, yaitu (1)Pembentukan Organisasi Kelitbangan,(2)Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan, dan (3)Pelaksanaan Forum Kelitbangan. Tujuan rapatkoordinasi ini untuk membangun persepsi yang sama tentang pentingnya peran kelitbangan agar terjadi kesamaan dalam hal kegiatan kelitbangan dan pemanfaatan hasil-hasil kelitbangan. Pentingnya peran kelitbangan muncul manakala perencanaan pembangunan belum berhasil diimplementasikan menjadi kegiatan-kegiatan pembangunan yang dapat memenuhi target-target RPJMD, karena perencanaan pembangunan belum mendasarkan pada rekomendasi hasil-hasil kelitbangan.

Perencanaan yang berbasis kelitbangan (Research based planning) akan dapat menghasilkan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat mencapai target-target kinerja pembangunan. Untuk itu, perlu adanya penguatan peran dan fungsi kelitbangan segingga dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi sebagai bahan penyusunan perencanaan pembangunan dan perumusan kebijakan. Kelitbangan pemerintah daerah adalah semua institusi yang melaksanakan kelitbangan baik pemerintah daerah, akademisi, swasta,maupun masyarakat.

Dalam rangka penguatan peran dan fungsi kelitbangan, maka perlu di ambil langkah-langkahstrategis sebagai berikut :

  1. Pembentukan organisasi kelitbangan yang terdiri dari Majelis Pertimbangan, Tim Pengendali Mutu, dan Tim Kelitbangan. Unsur organisasi kelitbangan berasal dari Litbang Pemerintah Daerah, Perguruan tinggi, dan Para Pakar.
  2. Penyusunan rencana induk kelitbangan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan kelitbangan sehingga ada kejelasan mekanisme koordinasi antar perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan perguruan tinggi untuk menghindari tumpang tindih kegiatan-kegiatan kelitbangan.
  3. Pelaksanaan forum kelitbangan sebagai wadah komunikasi pelaku-pelaku kelitbangan dalam bentuk seminar, Focus Grup Discusion, Rapat Koordinasi, dan Couching clinic.