RAPAT KONSOLIDASI PENGENDALIAN DAN EVALUASI LINGKUP BAPPEDA-LITBANG KABUPATEN INDRAMAYU

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 dilaksanakan Rapat Konsilidasi Pengendalian dan Evaluasi, bertempat di ruang rapat Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu, Sukasa, S.Sos., M.Eng., M.Sc., untuk menyamakan persepsi tentang filosofi pengendalian dan evaluasi serta menyamakan komitmen terhadap kegiatan pengendalian dan evaluasi di lingkup Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu.
Menurut Sukasa, Pengendalian dan evaluasi merupakan suatu hal penting yang diatur dengan peraturan perundang-undangan namun pada tataran pelaksanaannya dianggap tidak penting, buktinya setiap laporan dalev selalu tidak tepat waktu. Lebih lanjut Sukasa mengatakan, itu menandakan bahwa pengendalian dan evaluasi tidak pernah diseriusi padahal hasilnya merupakan bahan untuk perbaikan Kebijakan dan perencanaan di masa yang akan datang.
Selama ini permasalahan yang mengemuka adalah laporan dalev yang sering terlambat, dan kualitas dokumen yang asal jadi, sehingga belum dapat memnberikan rekomendasi bagi perbaikan perencanaan di masa yang akan datang.
Untuk itu, Langkah-langkah yang disepakati untuk diambil adalah:
Pertama, membuat pedoman tentang pengendalian dan evaluasi dan jika diperlukan membuat aplikasi untuk mempermudah aktualisasi dan implementasi pedomannya.
Kedua, menyampaikan satu kesepemahaman tentang pentingnya Dalev mulai dari level pimpinan sampai ke staf agar aliran tugas fungsi dapat berjalan.
Ketiga, membentuk forum Dalev pada level organisasi agar masing-masing fungsi dapat memahami dan melaksanakan tugasnya secara maksimal.
Keempat, koordinasi dengan BKD dan Inspektorat untuk menyepakati indikator dan realisasi anggaran yang dipakai menjadi dasar penyusunan laporan pengendalian dan evaluasi.
Kelima, mengadakan BIMTEK sebagai upaya capacity building bagi staf dan/atau pejabat baru yang menangani fungsi Dalev.